1/29/2010

Web / Blog Versi Mobile



Tentang tulisan ini saya kutip dari postingnya saudara kimyong di http://www.speedytown.com. kenapa saya kutip, karena memang menurut saya layak untuk dipublikasikan sebagai ajang informasi bagi para newbie khususnya dalam berkreasi dengan blog atau webnya tidak hanya dikemas untuk ditampilkan dilayar komputer atau notebook saja, akan tetapi perlu juga yang mampu ditampilkan/diakses melalui layar mungil dan system operasi mobil/HP yang serba mini dan terbatas.

Anda penasaran, berikut ulasannya:

Tampilan blog di browser desktop dan tampilan mobile tidaklah sama, ada perbedaan format markup languange yang dipergunakan oleh kedua device ini. Makanya seringkali kita menemukan istilah WAP dan WWW. Walaupun begitu, dalam kondisi tertentu blog / website kita tetap bisa dibuka melalui ponsel, tetapi mungkin tampilannya yang berantakan, atau mungkin koneksi terputus
karena anda menggunakan GPRS, dan filesize terlalu besar. Supaya lebih handy, blog kita tentunya harus mengadaptasikan diri sehingga blog tersebut bisa diakses dan tampil baik di perangkat apapun namanya, baik BlackBerry, iPhone, G1 phone, ponsel WAP biasa, PDA dan apapun namanya deh..

mofuse mobileDulu saya pernah memakai layanan tagtag.com untuk membuat sebuah homepage berbasis WAP gratis. Saat itu teknologi WAP masih sangat baru, dan sangat menyenangkan juga bisa mempunyai wapsite gratis, saya bisa membuat link kemana-mana, bisa menyediakan ringtones, wallpaper untuk handphone, themes untuk ponsel, dan berbagai\ fasilitas lainnya, tapi pada dasarnya saya menguntungkan situs tagtag.com, tidak mendapatkan apa-apa..

Dengan MoFuse, layanan untuk mengemulasi blog kita menjadi versi mobile, saya bisa mempromosikan blog saya sendiri. Apapun blog kita, mau blogger.com / blogspot.com, mau wordpress atau apapun platformnya, yang penting kita tahu alamat feednya, blog tersebut bisa kita transform ke dalam versi mobile.

Setelah blog kita telah ditransform, maka kita akan mendapatkan alamat URL baru, misalnya, alamat blog gratis2008.wordpress.com akan menjadi:

http://gratis2008.mofuse.mobi

Cukup beberapa langkah saja, hanya mengisikan nama baru alamat blog versi mobile yang ingin kita pakai, kemudian berikan judul dan kategori blog, masukkan alamat email, setelah itu, kita akan di bawah masuk ke halaman dashboard untuk membikin blog versi ponsel yang baru dan segala macam fasilitas baru.

dashboard mofuse

Untuk pemakai plaform WordPress, kita disediakan sebuah plugin yang mampu mendeteksi pengguna handphone dan secara otomatis bisa meredirect situs mobile kita. Nah, coba sendiri bikin blogger kita agar tampil dan dapat dibuka di ponsel dengan mofuse !

 

©2009 VIRTUAL LOAD | by TNB